Home » , » 3iNetwork, Bisnis Asuransi Sistim MLM

3iNetwork, Bisnis Asuransi Sistim MLM

PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya (CAR) memasarkan salah satu produk asuransi jiwanya, CARLink, dengan mengadopsi sistim multi level marketing (MLM) murni. Sistim jaringannya disebut 3iNetwork yang menawarkan peluang usaha bisnis asuransi bagi setiap nasabahnya. Bagaimana sistim kerjanya? Trus, apa kelebihan dan kelemahannya dibanding asuransi sejenis?

Pada dasarnya, semua pemasaran produk asuransi yang menggunakan sistim agency (keagenan) member-get-member alias cari-cari anggota, dengan menerapkan cara kerja mirip MLM. Produknya ya proteksi, jiwa dan/atau kesehatan. Tidak sedikit juga produk asurasi yang disertai iming-iming tabungan investasi (unit link).

Nah, 3iNetwork pun demikian. Pemasarannya menjelaskan keuntungan menjadi nasabah serta peluang mendapatkan bonus tambahan bila berhasil mengajak nasabah lainnya. Makin banyak yang diajak tentu bonus makin besar, persis mekanisme MLM. Hanya saja, sebagaimana banyak produk asuransi lainnya, asuransi CAR ditawarkan sebagai tabungan investasi serta potensi bisnis MLM bagi yang mau menjalankannya, dan sepertinya tidak mengedepankan fungsi asuransinya. Padahal 3iNetwork katanya jualan asuransi.

Nah, kalau ingin jualan tabungan, mengapa tidak ke bank saja atau berinvestasi langsung padaproduk-produk investasi?

Lalu apa bedanya dengan asuransi lainnya?

3iNetwork sepertinya mengkhususkan diri pada kalangan nasabah asuransi pemula, ibu-ibu, atapun keluarga muda dengan penghasilan terbatas. Hal ini terlihat dari tawaran premi bulanan yang hanya Rp350 ribu (CARLink Pro-Mixed). Nasabah hanya diminta tertib menabung selama 5 tahun saja. Nilai investasi pun (diharapkan) berkembang sesuai pertumbuhan pasar reksadana.

Feature-nya produk ini pun masih sederhana yaitu hanya asuransi jiwa dan tabungan investasi. Tetapi bagi mereka yang baru melangkah ke dunia asuransi, produk ini bisa dipertimbangkan. Selain peluang membiakkan uang dalam tabungan, nasabah juga mendapat proteksi asuransi jiwa sebesar Rp21 juta sampai usia 74 tahun. Artinya, jika nasabah meninggal dalam periode tersebut, meski baru sebulan mendaftar (misalnya), ahli waris akan memperoleh santunan sebesar Rp21 juta.

Lalu bagaimana dengan kesehatan? Ini bisa jadi plus minus asuransi CARLink. Sesuai dengan kelas yang disasar, CARLink sepertinya ingin mengajari orang betapa pentingnya dan mudahnya berasuransi, termasuk dengan modal kecil sekalipun. Ilustrasi sederhana yang selalu dibawa para agen memudahkan nasabah bagaimana mereka bisa merencanakan tabungan teratur untuk tujuan-tujuan jangka panjang seperti pendidikan anak, tetapi di sisi lain nasabah terproteksi.

Di kelas ini, nasabah sebaiknya berusaha mendapatkan perlindungan kesehatan melalui program BPJS yang juga sangat murah. Akan tetapi jika belum memiliki asuansi kesehatan, maka CARLink sepertinya kurang tepat. Masyarakat sebaiknya mendahulukan asuransi kesehatan sebelum membeli polis asuransi jiwa. Selain itu, sebaiknya dipertimbangkan lagi proteksi jiwa yang hanya Rp21 juta.

Di sisi lain, bila bertujuan menabung, pahami dengan baik biaya-biaya, potongan premi dan sebagainya yang bisa menghambat laju perkembangan investasi. Menabung untuk tujuan jangka panjang sebaiknya dilakukan melalui produk-produk investasi, bukan asuransi. Apalagi jika asuransinya tidak menjamin kelanjutan tabungan jika tertanggung mengalami cacat tetap atau meninggal.

Peluang Usaha

Sebagaimana asuransi dengan sistim keagenan lainnya, CARLink melalui 3iNetwork menawarkan peluang bagi nasabahnya untuk memperoleh penghasilan tambahan dengan ikut mencari nasabah. Syaratnya cukup mudah yaitu mencari 3 nasabah. Target selanjutnya cukup ringan yaitu minimal 1 nasabah per bulan.

Sistim bonusnya cukup menarik antara lain:
Bonus referensi (14,29% ditahun pertama, 7,14% ditahun kedua, 3,57% ditahun ketiga)
Bonus Elit 10% National Premi Value
Bonus Posisi 40% National Premi Value
Bonus Level 82% National Premi Value

Premi yang cukup kecil membuat CARLink sangat mudah ditawarkan ke berbagai kalangan. Bagi mereka yang ingin mencari penghasilan tambahan, kemudahan ini bisa mejadi peluang usaha dengan sistim kerja yang lebih santai. Selain fiturnya sederhana buku panduan CARLink sudah dilengkapi dengan ilustrasi tabungan untuk segala usia, mulai usia 1 – 59 tahun. Dengan demikian agen tidak perlu repot membawa laptop saat menawarkan produk ini kepada nasabah baru.

Kesimpulannya

Produk asuransi ini akan lebih bermanfaat jika Anda memang rajin mencari member alias mengajak orang lain bergabung, lalu membangun tim member-get-member tersebut. Jika Anda hanya ingin berasuransi, maka sebetulnya perlindungannya sangatlah minim. Pada posisi ini, lebih baik beralih ke BPJS, karena cakupannya cukup memadai dengan premi maksimal hanya Rp60 ribu saat ini.

Soal tabungan? Anda bisa mendapatkan hasil lebih banyak jika Anda menyimpannya dalam bentuk produk investasi seperti reksadana dibanding menabung di asuransi.

Sekilas PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya 
PT AJ Central Asia Raya didirikan pada tahun 1975, dan menjadi salah satu perusahaan asuransi nasional yang sukses melewati 3 dekade hingga saat ini telah menghimpun aset menjadi Rp3,81 triliun. Dari segi resiko, PT AJ Central Asia Raya sangat aman dengan risk based capital (RBC) mencapai 216%. Tidak heran jika PT AJ Central Asia Raya menjadi perusahaan asuransi nasional pertama yang berhasil menggondol Platinum Award dari majalah bisnis InfoBank, selama 10 tahun berturut-turut (1999 – 2008).

0 komentar:

Posting Komentar

twitterfacebookgoogle plusrss feedemail

Team GoBlock 3i Network

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

SPONSOR CHANEL-BISNIS

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online