Home » , » Kamu Mengisi Kolam Dengan Apa?

Kamu Mengisi Kolam Dengan Apa?

"Bang, kenapa ada banyak orang yang kerja keras mati-matian tapi penghasilannya segitu-segitu saja?"

Hampir di setiap kelas Wealth Mindset selalu ada pertanyaan semacam itu.
Kenapa ada orang yang kerja keras sampai jungkir balik tapi penghasilannya segitu-gitu saja?
.
Begini...kita semua sebenarnya sedang mencoba mengisi kolam bocor dengan air. Kolam itu adalah wadah kita mengumpulkan air. Dan bocor itu adalah segala macam pengeluaran kita. Entah yang rutin atau nggak. Bocornya nggak mungkin ditutup semua. Karena sebagian bocornya memang penting. Kita hanya bisa mengurangi kebocoran yang nggak penting.


Hanya yang jadi masalah, ada orang yang mengisinya pakai ember kecil dan ember besar, ada yang pakai selang besar dan selang kecil, ada yang pakai gayung, ada yang pakai cangkir, ada yang mengisinya pakai sendok, bahkan ada yang mengisinya pakai sedotan.
.
Mereka yang mengisi pakai sendok atau sedotan ini, lalu mereka mengeluh, "Saya sudah kerja keras mengisi kolam ini, tapi kenapa hasilnya segitu-gitu saja? Kadang berpikir Allah itu nggak adil..ada orang yang cuma sarungan dan tiduran doang, penghasilannya bisa ratusan kali lipat lebih besar dari penghasilan saya.."
Lah..kan kamu yang memilih mengisi kolam itu dengan sendok dan dengan sedotan. Air yang kamu masukkan, sekeras apapun kerjamu, ya segitu-segitu saja. Sementara airnya terus keluar lewat bocor-bocor itu. Pakai nyalahin Allah pula. Itu keputusanmu. Bertanggung jawablah atas keputusanmu itu.
.
Mereka yang cuma sarungan dan cuma tiduran doang sementara penghasilannya sangat besar itu, sudah menyiapkan selang besar untuk mengisi kolam itu. Mereka nggak perlu sibuk lagi memikirkan bagaimana mengisi air ke kolamnya. Airnya sudah mengalir dengan lancar. Mereka hanya sesekali memastikan apakah aliran air dari selangnya masih lancar atau tidak.
Kita selalu punya pilihan untuk mengisi kolam kita dengan apa. Dan kita selalu punya kesempatan untuk menggantinya...

Ki Jendral
#WealthMindset

0 komentar:

Posting Komentar

twitterfacebookgoogle plusrss feedemail

Team GoBlock 3i Network

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

SPONSOR CHANEL-BISNIS

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online